Rabu, 06 Maret 2013

sejarah internet

1.Pengenalan Internet
Internet dapat di terjemahkan secara sangat sederhana sebagai Internation Network. Dari  istilahtersebut dikatakan bahwa internet adalah semacam jaringan yang mampu menghubungkan kita dengan jaringan infirmasi dunia dan masyarakat global. Lalu apa bedanya internet dengan teknologi yang lain seperti telepon, surat kabar, televisi dan radio yang memiliki konsep yang hampir sama dengan internet ? jawabanya adalah bahwa teknologi selain internet itu ternyata berdiri sendiri-sendiri, berbeda dengan internet dimana ia mampu meliputi semua teknologi-teknologi samacam itu.
Sejarah
Internet merupakan jaringan computer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Projecy Network), di mana mereka mendemontrasikan bagai mana dengan hardware dan software computer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudiaan disederhanakan menjadi internet.
Daftar kejadiaan penting
Tahun:1957
kejadian:Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
Tahun:1958
Kejadian:sebagai buntut dari “kekalahan” Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen pertahanan Amerika Serikat, Adyanced Research Projects Agency (ARPA)
Tahun:1962
Kejadian:J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana computer-computer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainya secara global agar setiap computer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data.
Tahun:1960
Kejadian:teori mengenai pocket switching dapat di implementasikan dalam dunia nyata.
Tahun:1960 an
Kejadian:ARPANET untuk mempromosikan”Cooperative Networking of Time sharing computers” dengan hanya 4 buah host computer yang dapat di hubungkan hingga tahun 1969.
Tahun:1968    Kejadian:jaringan Tymnet dibuat
Tahun:1971
Kejadian:Anggota ARPANET bertambah menjadi 23 buah node computer
Tahun:1972
Kejadian:sebuah computer kerja yang disebut International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan computer dan juga membuat setandar-setandar untuk jaringan computer.
Tahun:1972-1974
Kejadian:Beberapa layanan berbasis data komunikasi seperti Dialog, SDC Orbit, Lexas, The New York Times Data Bank, dan lainya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
Tahun:1973
Kejadian:anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat, yaitu Universitas College of London dari inggeris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar